Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesie
Robbins dan Coulter (1999) menyebutkan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan.
• Perencanaan
(Plannig)Mencakup pendefinisian tujuan, penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan.
• Pengorganisasian
(Organizing)Adalah menentukan tugas apa saja yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, bagaimana tugas-tugas dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, dan pada tingkat mana keputusan harusdibuat
• Kepemimpinan
(Directing)Meliputi kegiatan-kegiatan memotivasi bawahan, mengarahkan, menyeleksi saluran komunikasiyang paling efektif, dan memecahkan konflikPengendalian
• Pengendalian
(Controler)Meliputi pemantauan kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa semua orang mencapai apayang telah direncanakan dan mengkoreksi penyimpangan-penyimpangan yang ada.
Lulusan
Program Studi Manajemen memiliki kompetensi pada pengambilan keputusan
bisnis yang mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi dan lingkungan
sehingga mampu menjawab tantangan globalisasi dan menangkap berbagai
peluang
MANAJEMEN SEBAGAI ILMU
Bersifat interdisipliner yang mana mempergunakan bantuan dari ilmu-ilmu sosial, filsafat danmatematika. Penyelesainan masalah menggunakan logika, sifatnya sistematis, dan logis sertakemampuan menyelesaikan masalah.Misal: untuk mengambil kebijakan-kebijakan dengan tim kerja atau saling melengkapiDalam hal ini membutuhkan pengetahuan secara kritis untuk mengambil keputusn dan harusdianalisis dari segala aspek dan komperehensif sesuai apa yang dikerjakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar